Quote:
Bagi kebanyakan orang waktu
dilewatkan begitu saja, tanpa harus dimanfaatkan secara bermakna. Namun,
jika Anda seorang wirausahawan, Anda pasti tahu bagaimana berharganya
waktu bagi Anda dan kemajuan usaha Anda. Waktu tidak hanya setara dengan
uang, namun lebih dari itu. Waktu merupakan aset tak kasat mata yang
paling sulit untuk dikendalikan penggunaannya. Untuk itulah diperlukan
beberapa panduan yang bisa membuat Anda memanfaatkan waktu dengan lebih
efisien lagi seperti yang dikemukakan oleh Bob Adams dalam bukunya
“Small Business Start-Up: Your Comprehensive Guide to Start Up”:
|
Quote:
Rencanakan aktivitas harian dan mingguan Anda
Quote:
Jangan
mengharapkan bisa mengelola sebuah bisnis dengan sukses jika disiplin
pribadi Anda begitu lemah dan memprihatinkan. Jadilah seorang pengelola
yang efektif dengan membuat sebuah jadwal bagi aktivitas harian dan
mingguan Anda. Bagilah waktu dengan bijak. Jelaskan alokasi waku dari
tiap kegiatan yang harus dilakukan. Dan tiap minggu, pilihlah jenis
aktivitas yang Anda jadikan prioritas untuk dilaksanakan.
|
Membuat prioritas
Quote:
Agar
dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan seoptimal mungkin, Anda harus
membuat sebuah skala prioritas, dimulai dengan mengerjakan sesuatu yang
paling penting dan peka terhadap perubahan waktu serta memiliki pengaruh
paling besar dan luas terhadap keberlangsungan perusahaan secara
global.
Beberapa jenis tugas atau pekerjaan bisa bersifat mendesak dan penting.
Contohnya menyusun slide untuk presentasi kepada calon klien potensial
besok. Namun sering tugas yang bersifat mendesak bukanlah sebuah
pekerjaan yang paling penting.
Banyak pemilik sekaligus pengelola bisnis kecil memiliki kecenderungan
untuk berpikir bahwa mereka harus memulai hari kerja dengan
menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari yang sebenarnya kurang bermakna
bagi kemajuan perusahaan di masa datang. Tugas-tugas tersebut seperti
menguji atau meluncurkan sebuah jajaran produk baru, mengevaluasi produk
yang sudah ada di pasaran agar bisa lebih memenuhi harapan konsumen,
mengkaji kembali sudut pandang marketing yang sesuai dengan perkembangan
pasar terkini, atau menyusun dan merevisi rencana bisnis.
Lakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut meskipun konsekuensinya Anda harus
meluangkan waktu lebih banyak. Kadang hal ini juga membuat Anda
mengorbankan pekerjaan lainnya yang lebih mendesak. Namun, Anda tentu
bisa menyiasatinya dengan mendelegasikannya kepada bawahan
|
Sisihkan waktu untuk yang tak terduga
Quote:
Sebagai
seorang pemilik bisnis tentunya tidak aneh lagi dengan segala hal yang
berbau mendadak. Hal-hal yang mendadak ini mungkin tidak akan berdampak
besar jika tidak terlalu mendesak atau penting tetapi jika hal yang
mendadak tersebut bisa menentukan berkembang tidaknya bisnis Anda, maka
tidak ada pilihan lainnya selain mengerjakannya hingga selesai
secepatnya. Ada baiknya saat menyusun jadwal harian atau mingguan, Anda
alokasikan sebuah waktu tambahan untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban
yang datangnya tidak terduga.
Sumber:kaskus.us
Share This article
Share on Facebook
Postingan lainnya!!
KOMENTAR:
0 comments tentang “Strategi Mengelola Waktu Bagi Wirausahawan Pemula”
Post a Comment
No komentar? ga masalah! yang penting datang terus ke blog ini and baca juga artikel lainnya!
Terima kasih telah mengunjungi Xplain BloG