
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
Beberapa faktor SWOT yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah produk antara lain :
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang menarik, harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain itu support dari team maupun manajemen, serta dukungan teknologi untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.
2. Kelemahan (Weakness)
Selain kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.
3. Peluang (Opportunities)

4. Ancaman (Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.
Dengan mengetahui hasil analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada produk yang Anda ciptakan, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi apa yang paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produk. Semoga informasi “SWOT kunci kesuksesan produk Anda” bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.
Sumber:bisnisukm.com
Share This article
Share on Facebook

Postingan lainnya!!
Belajar Bisnis
- 10 Hobi yang Dapat Dijadikan Bisnis
- 8 Tips Menyiasati Rasa Jenuh Bekerja
- Kisah – Kisah Sukses Para Pengusaha Dunia
- 10 langkah menjadi entrepreneur
- [⏝KISAH HIDUP⏝] Elang Gumilang, Pemuda Dengan Omzet 211 Miliar
- inspirasi Prinsip Sukses dari Chairman Perusahaan Raksasa Virgin Group, Richard Branson
- Anak Baru, kok Jadi Bos?
- Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Produktif
- Dua Faktor Pendukung Kesuksesan Bisnis Online
- Percaya Diri Dalam Memulai Bisnis
- Strategi Memilih Lokasi Usaha
- Percaya Diri Dalam Memulai Bisnis
- Strategi Mengelola Waktu Bagi Wirausahawan Pemula
- Tips Sukses Memulai Bisnis Sampingan
- Sukses Memulai Bisnis Distro
- Sukses Menjalankan Bisnis Dalam Bidang IT
- Sukses Menjadi Pengusaha Dengan Mental Juara
- Kiat Sukses Mempertahankan Eksistensi Usaha
- Bagaimana Menjadi BOS Yang Baik? Inilah Caranya.
- 5 Karakteristik CEO Idaman
- Cara Mengatasi Resiko Bisnis?
- Jenis-jenis bisnis online di internet
- Peluang Bisnis untuk Mahasiswa
- Tips Cerdas Mengelola Keuangan Usaha
- Bagaimana Cara Menghadapi Persaingan Pasar?

KOMENTAR:
0 comments tentang “SWOT Kunci Kesuksesan Produk Anda”
Post a Comment
No komentar? ga masalah! yang penting datang terus ke blog ini and baca juga artikel lainnya!
Terima kasih telah mengunjungi Xplain BloG