> Xplain BloG
►Untuk tampilan Terbaik Gunakan Mozilla Firefox 10.0+ ►Jika anda menyukai Xplain blog,bergabunglah dengan Xplain blog on Facebook untuk mendapatkan update terbaru dari Xplain blog►Contact me! di email riadyazizir@gmail.com►►►►►►►►►►Terima kasih telah mengunjungi XPLAIN BLOG!!, :)►►►►►►►►►►

Rahasia Dibalik Otak Manusia

Meskipun ilmu pengetahuan terus memberi kita wawasan yang semakin meningkat tentang apa itu memori otak manusia, sebagian besar masih merupakan misteri kehidupan. Para peneliti mempertimbangkan proses memori, dan kita tahu bahwa kita sebenarnya merekonstruksi bit informasi yang tersimpan di berbagai bagian otak kita. Tetapi misteri adalah, apa yang memulai rekonstruksi dalam otak? Apakah itu dari luar fisik tubuh ata dari energi tubuh? Itu masih harus dilihat. Sementara itu, mari kita lihat apa yang dapat diberikan sains kepada kita tentang beberapa aktivitas kimia dalam otak.

Lokasi Memori Manusia
Di masa lalu, orang berpikir bahwa semua memori berada di otak. Namun, Gazzaniga (1988) melaporkan bahwa memori terjadi di seluruh sistem saraf. Jadi setiap pikiran Anda misalnya “merasa” di seluruh tubuh karena reseptor untuk zat kimia dalam otak Anda ditemukan pada permukaan sel-sel di seluruh tubuh Anda. Jadi bila bahan kimia yang diaktifkan di sinapsis di otak, pesan dikomunikasikan kepada setiap bagian tubuh Anda dengan chemotaxis, sebuah proses yang memungkinkan sel untuk berkomunikasi dengan “radar” melalui perjalanan jauh menggunakan darah dan cairan tulang punggung ke otak. Ini merupakan fakta unik dan misteri sains yang terus dikembangkan.

Dalam kasus yang lebih ekstrim lagi, tubuh kadang-kadang menyimpan kenangan menyakitkan dalam jaringan otot sehingga terbawa kedalaman trauma pikiran yang sadar. Kemudian ketika orang menerima pijat jaringan dalam atau bodywork seperti Rolfing, dan merangsang otot-otot, kenangan dapat diaktifkan kembali, menyebabkan orang mengalami emosi ditekan. Contoh lain dari memori otot terbukti dengan transplantasi organ. Orang yang telah menerima organ donor telah melaporkan mengalami ngidam atau reaksi emosional untuk kasus-kasus tertentu yang tidak pernah sebelumnya.

Biologi Memori
Apa yang turun adalah sel-sel otak, atau neuron, berkomunikasi satu sama lain melalui jalur electo-kimia. Sebuah impuls listrik perjalanan menuruni akson atau “cabang keluar”. Lalu “jari” pada akhir dirangsang untuk melepaskan bahan kimia yang disebut neurotransmitter (molekul kecil yang mengirimkan pesan tertentu). Dendrit atau “cabang masuk” neuron lain pick up tersebut. Ruang antara akson dan dendrit yang disebut sinaps.

Memperkuat Sinaps
Sebuah tim riset yang terdiri dari para ilmuwan dari University of Texas Medical School di Houston and University of Houston melaporkan penemuan protein baru mengubah pertumbuhan faktor-B (TGF-B) yang bertindak untuk memantapkan sinapsis baru (Ilmu Pengetahuan, Maret 1997 ). Namun, jika ada terlalu banyak protein dapat membangun dan “menyumbat” sinaps, akan mengurangi daya ingat memori. Biasanya calpain neurotransmitter, ditemukan dalam kalsium, menjaga dan menurunkan penumpukan protein. Jadi, diet kalsium tidak memadai berarti bahwa terlalu banyak protein dapat bertumpuk karena tidak ada calpain cukup untuk menjaga sinapsis.

Sayangnya, kelebihan kalsium dalam diet juga menciptakan masalah karena calpain mulai mengganggu ketepatan transmisi saraf. Satu cara drastis untuk menghapus kelebihan protein dari sinaps adalah dengan sengatan listrik. Asetilkolin, salah satu jenis neurotransmitter, adalah penting untuk tiga alasan: perlu untuk mengaktifkan REM (rapid eye movement) tidur, membuat membran saraf agar tidak menjadi rapuh dan jatuh jauh, dan membangun protein amiloid pada sinapsis seperti yang ditemukan pada pasien Alzheimer (Robert Wurtham, direktur Clinical Research Center di Massachusetts Institute of Technology).

Stres Akan Mengikis Memori
Pikiran Stres yang berlebihan dan obesitas menghasilkan produksi lebih dari satu set kompleks hormon stres yang disebut glukokortikoid, kortisol sebagai salah satu contohnya. Lebih dari itu kerusakan glukokortikoid menghancurkan neuron di hipokampus otak daerah penting untuk belajar dan daya ingatan. Satu cara yang sangat baik untuk membakar kelebihan kortisol adalah melalui latihan fisik. Jadi bagi mereka yang mengalami tingkat stres yang sangat tinggi olahraga tidak hanya bermanfaat dan itu memang perlu.


Karakteristik Memori Otak Manusia
Otak manusia adalah pusat dari sistem saraf manusia dan merupakan organ yang sangat kompleks. Terdapat dalam tempurung kepala, ia memiliki struktur umum yang sama seperti otak mamalia lain, tetapi tiga kali lebih besar dari otak mamalia walaupun dengan ukuran tubuh setara. Misteri sains ini harus dapat dibedah sejelas mungkin.
Apa Karakteristik Memori Otak Manusia
Indra. Kita mengingat hal-hal yang melibatkan lima indra kita. Jadi, lebih mengaktifkan indra akan semakin mudah akan mengingat.
Intensitas. Ketika ada sesuatu yang lebih intens lucu, seksual, absurd, dll cenderung menonjol dalam ingatan kami.
Hal posisi. Masalah yang membosankan dan tidak orisinal lebih sulit untuk diingat karena ada masalah kemampuan untuk membedakan mereka dari semua kenangan lainnya.
Emosional – amigdala, mirip kacang bulat di bagian tengah otak – bertindak sebagai penjaga pintu gerbang, jadi ketika sesuatu terjadi yang memiliki kandungan emosional tinggi – positif atau negatif – amygdale mengatakan, “Ini penting” dan kita cenderung lebih mudah mengingatnya.
Survival – otak adalah jaringan untuk bertahan hidup. Ini berarti bahwa apa pun yang kita anggap penting untuk kelangsungan hidup kita akan diingat lebih mudah. Survival dapat mencakup, kelangsungan hidup emosional, psikologis dan kelangsungan hidup keuangan.
Kepentingan pribadi – kita mengingat hal-hal yang secara alami menarik minat kita dan yang berkaitan dengan kepentingan pribadi.
Pengulangan – semakin sering kita mengingat kembali informasi, semakin mudah diingat jika ada permintaan.
Pertama dan terakhir – otak kita paling mudah mengingat hal-hal dari awal dan akhir dari setiap sesi atau kuliah.


Spoiler for UPDATE:
Quote:
Kunci Memori Otak Manusia
  1. Perhatian – sering kali masalah terbesar adalah bahwa pikiran orang tidak fokus pada saat ini. Sebaliknya, mereka berpikir tentang sesuatu di masa lalu atau masa depan.
  2. Visualisasi – membuat visual dalam pikiran Anda karena otak berpikir dalam gambar dan konsep, bukan paragraf.
  3. Asosiasi – menemukan sesuatu untuk menghubungkan informasi ke … mirip dengan asosiasi kata. Tanyakan, “Apa ini mengingatkan saya?”
  4. Imajinasi – kreatif ketika memvisualisasikan atau membuat asosiasi.
Mengapa Kita Bisa Lupa
Bisa jadi sesuatu kita informasi tidak pernah disimpan dengan benar di dalam otak manusia. Itu mungkin karena tidak ada cukup emosi atau kepentingan pribadinya terhubung ke informasi itu untuk membuatnya tetap bertahan. Bisa jadi itu masalah trauma emosional bahwa pikiran itu ditekan untuk mempertahankannya.

Mengapa kita ingat kejadian negatif?
Setiap kali perasaan emosi diaktifkan, terutama emosi yang kuat merupakan informasi atau pengalaman yang tertanam ke dalam memori. Sering kali kita cenderung untuk memikirkan hal itu, sehingga selalu mudah diingat. Kita juga lebih mudah untuk mengingat kenangan negatif ketika kita berada dalam suasana hati yang buruk. Mengapa? Karena kita akan mengingat keadaan ketika kita suatu informasi penting, sehingga begitu juga setiap kali Anda merasa marah Anda akan lebih mudah mengingat situasi di mana Anda marah.

Alam Bawah Sadar Ingat Semuanya
Jika kita membandingkan pikiran sadar dengan alam bawah sadar, yang sadar akan mengukur sekitar satu kaki panjang dan alam bawah sadar akan menjadi panjang dari sebuah lapangan sepak bola. Potensi alam bawah sadar sangat besar. Jadi segala sesuatu yang kita alami dapat disimpan. Namun, pikiran sadar akan mendapat kelebihan beban mencoba untuk memproses semua bit data yang masuk setiap hari. Sebaliknya, semua informasi yang masuk ke dalam bawah sadar tidak pernah diganggu, kecuali jika pikiran itu diproses pada malam hari melalui mimpi.
'Sumber:kakskus.us
Share This article
Share |
Share on Facebook

Postingan lainnya!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMENTAR:

0 comments tentang “Rahasia Dibalik Otak Manusia”

Post a Comment

No komentar? ga masalah! yang penting datang terus ke blog ini and baca juga artikel lainnya!
Terima kasih telah mengunjungi Xplain BloG

←   →
 

Copyright © 2010 by Xplain BloG

Anggota Xplain::Xplain BloG