> Xplain BloG
►Untuk tampilan Terbaik Gunakan Mozilla Firefox 10.0+ ►Jika anda menyukai Xplain blog,bergabunglah dengan Xplain blog on Facebook untuk mendapatkan update terbaru dari Xplain blog►Contact me! di email riadyazizir@gmail.com►►►►►►►►►►Terima kasih telah mengunjungi XPLAIN BLOG!!, :)►►►►►►►►►►
►Untuk tampilan Terbaik Gunakan Mozilla Firefox 10.0+ ►Jika anda menyukai Xplain blog,bergabunglah dengan Xplain blog on Facebook untuk mendapatkan update terbaru dari Xplain blog►Contact me! di email riadyazizir@gmail.com►►►►►►►►►►Terima kasih telah mengunjungi XPLAIN BLOG!!, :)►►►►►►►►►►

10 Planet Extrasolar Yang Paling Menarik

Spoiler for 10. The First:
 
51 Pegasi b adalah planet pertama yang ditemukan pada orbit sebuah bintang yang seperti halnya matahari. Planet ini terletak di rasi Pegasus.

Spoiler for 9. Closest planet:
 
Epsilon Eridani b mengorbit sebuah bintang orange yang mirip dengan matahari yang jaraknya hanya 10.5 tahun cahaya dari bumi. Planet ini sangat dekat sehingga dapat terlihat jelas melalui teleskop. Planet ini mengorbit dengan jarak yang cukup jauh dari bintangnya untuk dapat memungkinkan adanya air yang dapat menyokong kehidupan. Tetapi para peneliti memprediksikan adanya bintang2 lain pada sistem tersebut yang mungkin dapat menjadi kandidat yang baik untuk kehidupan alien.
Spoiler for 8. Free Floaters:

Ada beberapa exoplanets yang diketahui memiliki satu, dua, bahkan tiga matahari. Tetapi jenis objek planet yang sangat aneh adalah yang tidak memiliki matahari sama sekali, jadi planet itu hanya mengambang tanpa arah melalui ruang angkasa. Planet ini bernama Planemos, planet ini mirip (tatapi masih lebih kecil) dari brown dwarfs, bintang yang terlalu kecil untuk dapat menyala dengan terang.

Spoiler for 7. A Zippy Planet:
 
SWEEPS-10 mengorbit bintangnya dengan jarak hanya 740,000 mil. Sangat dekat hingga periode 1 tahun disana terjadi setiap 10 jam. Planet ini termasuk kedalam jenis ultra-short-period planets (USPPs), yang orbitnya kurang dari 1 hari.

Spoiler for 6. A World of Fire and Ice:

Upsilon Andromeda b memiliki waktu rotasi dan revolusi yang sama (sama seperti bulan pada bumi) sehingga hanya satu sisi planet yang selalu menghadap bintangnya. Hal ini mengakibatkan perbedaan suhu yang paling besar yang pernah diketahui pada sebuah exoplanet. Satu sisi dari planet ini selalu sepanas lava, sedangkan sisi yang lainnya sangat beku.

Spoiler for 5. Brave New World:

Exoplanet paling muda yang pernah ditemukan yang berumur kurang dari 1 juta tahun dan mengorbit Coku Tau 4, sebuah bintang dengan jarak 420 tahun cahaya.

Spoiler for 4. A Real Geezer:

Planet paling tua yang pernah diketahui adalah primeval world yang berumur 12.7 miliar tahun. Terbentuk lebih dari 8 miliar tahun sebelum bumi dan hanya 2 miliar tahun setelah Big Bang.

Spoiler for 3. Shrinking Planet:

Satu tahun di HD209458b hany 3.5 hari di bumi. Planet ini mengorbit sangat dekat dengan bintangnya sampai-sampai atmosfirnya tertiup oleh stellar wind. Para peneliti memperkirakan planet ini kehilangan sedikitnya 10,000 ton material tiap detiknya. Sampai akhirnya hanya inti dari planet ini yang tertinggal.

Spoiler for 2. Sniffed Atmosphere:
 
HD 189733b adalah salah satu planet pertama yang diketahui memiliki atmosfer. Dengan menganalisa cahaya dari star-planet system, astronomer menyimpulkan bahwa atmosfir planet ini mengandung awan silikat tebal. Yang mengherankan, tidak ada uap air yang terdeteksi, tetapi para peneliti memperkirakan uap air tersebut tersembunyi dibalik awan tersebut.

Spoiler for 1. Habitable Planet:
 
Gliese 581 C menandai awal dari pencarian dunia lain di luar tata surya. Planet ini adalah exoplanet terkecil yang pernah diketahui, dan merupakan planet pertama yang diperkirakan dapat mendukung kehidupan. Para peneliti memperkirakan permukaan planet tersebut dapat menunjang air (dalam bentuk cair) dan bahkan kehidupan. Planet ini 50% lebih besar dan memiliki massa 5 kali lipat Bumi.

Share This article
Share |
Share on Facebook

Postingan lainnya!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KOMENTAR:

0 comments tentang “10 Planet Extrasolar Yang Paling Menarik”

Post a Comment

No komentar? ga masalah! yang penting datang terus ke blog ini and baca juga artikel lainnya!
Terima kasih telah mengunjungi Xplain BloG

←   →
 

Copyright © 2010 by Xplain BloG

Anggota Xplain::Xplain BloG